Home » , » Perencanaan dan Komponen dalam Manajemen Bisnis

Perencanaan dan Komponen dalam Manajemen Bisnis

Dipublikasikan Oleh AMC pada Sabtu, 01 Agustus 2020 | Sabtu, Agustus 01, 2020


Bisnis merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi siapa saja yang dapat melakukan manajemen bisnisnya dengan baik. 

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus memahami tentang manajemen. Terutama manajemen bisnis. Manajemen bisnis lah yang akan membantu Anda menjalankan bisnis dan mengelola bisnis Anda dengan cara yang tepat dan benar.

Apa itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis adalah suatu kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis yang mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan, pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan.

Perencanaan dalam Manajemen Bisnis

Rencana dalam berbisnis tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga. Selain itu, ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. Strategi dalam berbisnis pun harus disusun untuk dapat mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.

Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, maka semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya. Perencanaan bisnis secara keseluruhan dengan detail yang matang akan membuat gambaran dari usaha dapat lebih tampak nyata dan membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.

Hal-hal yang dapat direncanakan :
  • Menentukan arah tujuan perusahaan dan target bisnisnya.
  • Menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
  • Menentukan apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi tersebut.
  • Menetapkan standar atau benchmark untuk menentukan upaya dalam mencapai tujuan tersebut.

Komponen Penting dalam Menyusun Manajemen Bisnis

Terdapat beberapa komponen penting dalam menyusun manajemen bisnis dalam perusahaan, diantaranya yaitu deskripsi bisnis yang jelas, analisis pesaing, strategi pemasaran, laporan keuangan dan menjaga kualitas produk serta layanan. Berikut adalah pengertian dari masing-masing komponen di atas:

a. Deskripsi Bisnis Jelas
Apapun bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi bisnis secara jelas dan mampu dipahami secara mudah oleh semua orang. Deskripsi bisnis harus mencakup bentuk dan produk yang nantinya akan dijual atau ditawarkan, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerja sebuah bisnis. Sertakan visi dan misi perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Jangan lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti seperti lokasi bisnis, konsep, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.
b. Melakukan Analisis Pesaing
Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan analisis terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Hal ini ditujukan agar Anda dapat menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis. Lakukan analisis serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing. Dengan memahami siapa saja pesaing Anda dan strategi mereka, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari celah sukses bisnis Anda.
c. Memiliki Strategi Pemasaran
Dengan strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran akan didapatkan. Pastikan Anda merencanakan dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga media untuk berpromosi. Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda bisa menghitung segala kemungkinan yang ada.
d. Laporan Keuangan
Jangan sampai Anda menyepelekan perihal laporan keuangan perusahaan Anda karena hal ini merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Laporan keuangan tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda dapat membuatnya secara sederhana, asalkan mampu mencakup semuanya. Pengelolaan anggaran juga menjadi faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik. Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda dapat mudah membuat laporan keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
e. Menjaga Kualitas Produk dan Layanan
Produk dan layanan yang Anda berikan menjadi poin penting. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan layanan yang membuat banyak konsumen puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia. Namun jangan sampai karena loyalitas konsumen tersebut membuat Anda menjadi puas diri sehingga kualitas produk yang dijual menjadi semakin berkurang. Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.
Pastinya sebuah manajemen bisnis yang baik, harus didukung oleh alat untuk membantu mengelola bisnis secara efisien seperti penggunaan software akuntansi online yang  akan membantu pengelolaan keuangan bisnis agar berjalan secara tertib, sehat dan terencana..

Sumber : Jurnal Enterpreneur [jurnal.id]
Share this article :

WEBSITE RESMI PKH

https://pkh.kemsos.go.id

KONTAK PENGADUAN :
1500299

EMAIL PENGADUAN :
1. pengaduan@pkh.kemsos.go.id
2. contactcenter@pkh.kemsos.go.id

KALIMAT BIJAK HARI INI

KREDO PEMBERDAYAAN

Datangilah mereka...
Tinggallah bersama mereka...
Belajarlah dari mereka...
Cintailah mereka...
Mulailah dari apa yang mereka ketahui...
Bangunlah dari apa yang mereka miliki...

Setelah berhasil, biarkan mereka tampil di depan untuk mengatakan dan menceritakan keberhasilannya.

Wikipedia

Hasil penelusuran

SAHABAT PKH INDONESIA

Published by : Warung Baik
Copyright © 2013. PKH ON THE SPOT - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger